SEMINAR “SESAKKAH KOTAKU?”

Banda Aceh – Jum’at, 29 September lalu Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kota Banda Aceh, Rahmatsyah Alam ST,M.Si didaulat untuk menjadi narasumber pada acara Seminar “ SESAKKAH KOTAKU?”. Acara ini terselenggara atas kerjasama Pusat Seni dan Perpustakaan Unsyiah Kota Banda Aceh yang yang berlangsung di Gedung Perpustakaan Unsyiah Banda Aceh.

Seminar membahas tentang penataan kota yang berbatasan dengan wilayah Aceh Besar. Mengingat pesatnya pembangunan di Kota Banda Aceh akan tetapi terikat dengan luas lahan yang sangat terbatas untuk pengembangan pembangunan yang mengakomodir ruang bagi investasi dan ruang bagi permukiman, sehingga Banda Aceh sebagai ibukota provinsi perlu menata infrastruktur yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan wilayah Aceh Besar.

Acara ini dihadiri oleh Dosen Unsyiah, Mahasiswa, Pengamat Tata Kota, Anggota Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP), dan anggota Forum ICAIOS sebagai peserta seminar. Narasumber lain yang turut memberikan masukan yaitu Bapak Marco Sutanawijaya dari Jakarta, beliau merupakan pengamat perkotaan.

Bahasan lain pada seminar ini bagaimana formulasi penataan -penataan sistem transportasi perkotaan menjangkau pusat-pusat permukiman yang ada di pinggiran Kota Banda Aceh dan yang masuk wilayah Aceh Besar. Hal ini agar pelayanan kepada masyarakat betul-betul memberikan kemuddahan atau akses yang terlayani setiap kawasan perkotaan.