Banda Aceh Madani Education Center (BMEC)

bmec

Banda Aceh – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Banda Aceh, Ir. Samsul Bahri, M.Si menjelaskan bahwa Proyek Banda Aceh Madani Education Centre (BMEC) saat ini sudah mulai dikerjakan, direncanakan bertahap dan tahap awal yaitu pembangunan Convention Center  akan rampung pada tahun 2017 mendatang.

Proyek ini diharapkan akan menjadi icon/landmark baru Kota Banda Aceh, sebab BMEC ini nantinya akan menjadi bangunan yang memiliki fasilitas dan sarana lengkap, seperti  Ecopark, penginapan perserta pelatihan dan fasilitas pertemuan yang mampu menampung 4.000 orang.

Latar belakang dan tujuan Pembangunan Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMEC (Banda Aceh Madani Education Center) ini adalah:

  • Mendukung Program Pemerintah Kota Banda Aceh dibidang Pendidikan dan Pelatihan berupa bangunan dan lingkungan di Kota Banda Aceh.
  • Meningkatkan fungsi lahan di lokasi eks STM Lampineung seluas ± 7.2 ha sebagai Kawasan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Kebudayaan melalui konsep greening the city yang terpadu.
  • Mewujudkan Banda Aceh Madani Education Center (BMEC) sebagai kawasan yang berkualitas lingkungan nyaman, kondusif dan edukatif dan terciptanya kualitas sumber daya manusia, nilai investasi kawasan yang dapat mendorong pergerakan ekonomi di Kota Banda Aceh.

Pendekatan Arsitektur yang diterapkan adalah : Arsitektur Islam, Arsitektur Modern, Arsitektur Aceh, lingkup kawasan meliputi:

  1. Convention Center (ruang diskusi, seminar, eksebisi dll) dengan kapasitas 4000 orang. (1)
  2. Pusat Pelatihan (training center) (2)
  3. Pusat Kebudayaan Aceh (3)
  4. Gedung Sekolah Negeri lengkap dengan sarana dan prasarana
  5. Gedung Sekolah Kejuruan Telekomunikasi lengkap dengan sarana dan prasarana
  6. Penginapan terutama diperuntukkan bagi peneliti dan peserta pelatihan dan untuk umum;
  7. Rumah Sakit bertaraf international

Total dana dibutuhkan untuk keseluruhan Pembangunan Pusat Pendidikan danPelatihan (Banda Aceh Madani Education Center) ini adalah:Rp 823.498.478.000,- (delapan ratus dua puluh tiga milyar empat ratus sembilan puluh delapan juta empat ratus tujuh puluh delapan ribu rupiah). Pada tahap I tahun 2015 telah dimulai pembangunan struktur bagian bawah (pondasi-basement) gedung Convention Center dan tahun 2016 dilanjutkan tahap ke II dengan penyelesain struktur bangunan dan sebahagian arsitektur.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


1 + 9 =