Genangan Air di Underpass Beurawe Diperkirakan Karena Kerusakan Panel Pompa Underpass

Banda Aceh – Pada hari rabu, tangggal 11 desember 2019 yang diperkirakan pada pukul 19.30 telah terjadi trouble pada pompa underpass Beurawe Kota Banda Aceh. Padahal sebelum kejadian, pada sore hari telah dilakukan pengecekan rutin harian pada pukul 08.00 dan 17.00 oleh petugas piket underpass Dinas PUPR Kota Banda Aceh dimana kondisi pompa submersible dan panel masih dalam keadaan normal.

Permasalahan ini awalnya terdeteksi pada pukul 19.30 yang dilaporkan oleh salah seorang pegawai Dinas PUPR Kota Banda Aceh yang sedang melintasi kawasan underpass beurawe tersebut. Berdasarkan laporan ini, Kepala Dinas PUPR, Jalaluddin, ST, MT beserta Kepala Bidang Sumber Daya Air, Fernanda,ST dan tim PUPR Kota Banda Aceh langsung melakukan pengecekan ke lokasi underpass untuk memastikan kondisi genangan air dan permasalahan yang terjadi di underpass.

Pihak Dinas PUPR Kota Banda Aceh langsung menghubungi penyedia yang dalah hal ini, PT. Jaya Konstruksi-Brantas Abipraya KSO yang masih mensiagakan tenaga teknisnya di Banda Aceh. Kemudian dilakukan pengecekan bersama teknisi dan pihak Dinas PUPR Kota Banda Aceh hingga pukul 01.00 dini hari.

Selain itu, Dinas PUPR Kota Banda Aceh juga melakukan koordinasi dengan menghubungi Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh untuk dilakukan rekayasa lalu lintas. Dan setelah itu pihak Dishub melakukan rekayasa lalu lintas dengan melakukan penutupan sementara arus lalu lintas yang melewati underpass beurawe.

Berdasarkan hasil pengecekan pada tanggal 11 Desember 2019,  diketahui bahwa kondisi pompa underpass masih dalam keadaan baik. Oleh karena itu, untuk sementara diperkirakan kerusakan terjadi pada panel pompa underpass. Pihak penyedia, yaitu PT. Jaya Konstruksi-Brantas Abipraya KSO sedang menunggu kedatangan teknisi dari Jakarta ke Banda Aceh yang diperkirakan akan tiba pada Jumat sore tanggal 13 Desember 2019.

Untuk sementara waktu, sistem operasional pompa dilakukan secara manual oleh petugas dari Dinas PUPR Kota Banda Aceh dengan melakukan piket secara bergilir oleh petugas yang ditunjuk agar arus lalu lintas yang melewati underpass beurawe bisa normal kembali sementara waktu.

Pada tanggal 13 Desember 2019, pihak penyedia bersama tim dari Dinas PUPR juga melakukan pembersihan kolam sumpit untuk memastikan kondisi pompa dalam keadaan baik.