Pelaksanaan Pra Konsultasi Program Dak Tahun Anggaran 2018

Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melaksanakan acara Pra Konsultasi Program DAK Tahun Anggaran 2018 yang dilaksanakan di Hotel Swissbell Harbour Batam pada tanggal 6-7  November 2017.  Konreg Kementerian PUPR adalah forum koordinasi dan sinkronisasi program tahunan, sebagai salah satu tahapan penyiapan program yang diselenggarakan guna mensinergikan sumber daya pembangunan Bidang PUPR yang dimiliki Kementerian PUPR dan Pemerintah Daerah.  Acara ini  juga memiliki tujuan untuk memberikan dukungan terhadap kawasan-kawasan strategis. Pada kesempatan ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banda Aceh menjadi salah satu peserta yang ikut serta. Kepala Bidang Bina Marga Salmah Maimunah, ST, MT hadir mewakili Kepala Dinas PUPR Kota Banda Aceh sangat berperan aktif dalam pembahasan Desk Pra Konsultasi Program DAK Tahun Anggaran 2018.

Adapun pembahasan yang dilakukan pada acara tersebut pemeriksaan untuk data administratif dan data teknis. Data administrasi seperti SK Status Jalan, Peta Lokasi Kegiatan, data kondisi jalan yang telah diverifikasi, kertas kerja sinkronisasi dan harmonisasi DAK Fisik 2018 serta berkas propossal e Planning DAK 2018. Sedangkan untuk pemeriksaan data teknis meliputi RAB, Gambar rencana/DED, kesiapan lahan dan foto dokumentasi lapangan.

Kepala Bidang Bina Marga didampingi oleh Ferri Koerniadi, A. Md yang pada acara tersebut telah mempersiapkan data-data seperti; Laporan Pelaksanaan dana DAK Tahun 2017, kelengkapan dokumen ruas jalan yang diusulkan untuk anggaran DAK tahun 2018 dan lain-lain.

Sejalan dengan kegiatan Pra Konsultasi Bidang Jalan dan Jembatan di tempat terpisah juga dilaksanakan kegiatan Pra Konsultasi Program Penyelenggaraan DAK Bidang Air Minum dan Sanitasi yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta karya. Mewakili Kepala Dinas PUPR Kota Banda Aceh untuk acara ini diikuti oleh Elvi Zulfiani Meutia, ST, M. Eng. Sc selaku Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan Permukiman dan Air Minum Dinas PUPR Kota Banda Aceh.

Untuk Bidang Air Minum dan Sanitasi pembahasan yang dilakukan meliputi Usulan rencana kegiatan, Usulan kegiatan dalam business plan PDAM, Laporan capaian progress tahun 2017, Laporan evaluasi pelaksanaan DAK 2016 dan Harga satuan setempat. Kepala Bidang PLP dan AM didampingi oleh staf Dinas PUPR, Ammarullah selaku petugas e-Monitoring dana DAK.

Setelah acara Pra Konsultasi Program DAK 2018 ini pada tanggal 8 s.d 9 November 2018 dilanjutkan oleh acara Sosialisasi Petunjuk Operasional dan Konsultasi Program Penyelenggaraan DAK Infrastruktur Tahun 2018.

Dinas PUPR Kota Banda Aceh terus melakukan koordinasi secara intens dengan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk mendapatkan program dan kegiatan yang sesuai untuk kebutuhan Kota Banda Aceh.