Pemko Banda Aceh Rampungkan 70 Persen Program RTH

BANDA ACEH | DiliputNews.com – Pemerintah Kota Banda Aceh berhasil melaksanakan program Ruang Terbuka Hijau atau RTH hingga tahun 2013 mencapai 70 persen, dari jumlah ruang terbuka hijau yang disediakan Pemerintah Kota Banda Aceh.
Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, saat
pembukaan Kegiatan Festival Kota Hijau, Sabtu,(9/11) , yang berpusat di Taman Sari,Banda Aceh.
Dalam sambutannya,Illiza mengatakan, Pemerintah Kota Banda Aceh menyediakan lahan seluas 30 persen khusus untuk RTH higga tahun 2029 mendatang.
“Untuk program Penanaman Pohon kita sudah berhasil rampungkan 70 persen dengan ketersediaan lahan 30 persen hingga 2029 mendatang,” kata dia.
Illiza berharap, festival tersebut dapat menjadi pesan positif bagi masyarakat untuk sama-sama menjaga bumi ini agar tetap hijau, selain karena kesehatan bumi,kata dia, Bumi juga akan diwariskan kepada anak cucu sebagai generasi penerus.
Untuk merampungkann program tersebut, menurut dia, diperlukan dana besar yang akan digunakan untuk pembebasan lahan demi tercapainya ketersediaan 30 persen RTH yang disediakan kota itu.
“Bagi kota Banda Aceh meliputi taman kota, bangunan hemat energi, RTH pengaman sungai dan tepi air,” ujarnya.
Untuk itu Illiza meminta komitmen seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Kota (SKPK) di jajaran Pemko Banda Aceh, agar menerapkan pola hidup sehat dan hijau yang dimulai dari menanam minimal satu pohon di masing-masing halaman rumah.
“Setiap Kepala SKPK Banda Aceh untuk menanam Pohon di depan rumah. Nanti kita akan programkan untuk melakukan sidak ke tiap rumah,” ujarnya.
Sementara kepala Dinas PU Kota Banda Aceh,Gusmeri,mengatakan festival kota hijau diselenggarakan itu, bertepatan dengan peringatan hari tata ruang nasioal yang diperingati 10 november 2013 di Jakarta.
Kota Banda Aceh, Kata Gusmeri, patut berbangga dan bersyukur atas predikat kota hijau yang telah disandang bersama dengan 112 Kabupaten Kota lainnya yang tersebar diseluruh Indonesia.
Rasa bangga dan bersyukur itu, kata dia, lantaran delapan tahun lalu Banda Aceh adalah kota yang sangat gersang setelah diterjang musibah gempa dan tsunami, namun mampu mewujudkan daerah tersebut menjadi kawasan hijau.
Ia menambahkan festival yang diselanggarakan itu, diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba melukis bagi siswa SD, parade music dan kegiatan lainnya.
Turut hadir pada acara tersebut seluruh Unsur Musyawarah pimpinan Daerah atau Muspida dan Muspida Plus, Sekda Kota dan serta kepala SKPK dijajaran Pemko Banda Aceh. (Red)

(sumber : http://diliputnews.com/read/24610/pemko-banda-aceh-rampungkan-70-persen-program-rth.html)