Pembangunan Gapura Selamat Datang

Gapura merupakan sarana penting yang di perlukan pada satu wilayah. Gapura bukan hanya merupakan bangunan fisik saja namun lebih memiliki fungsi dan arti tersendiri sebagai pintu gerbang, tanda batas provinsi, Kabupaten, kota atau gampong. Menurut tradisi, gapura merupakan wujud ungkapan selamat datang kepada tamu yang akan berkunjung ke gampong tersebut. Gapura mewakili keramahan dan rasa hormat tuan rumah kepada setiap orang atau tamu yang datang. Bangunan gapura ini dibangun dengan nilai-nilai estetika dan ciri khas dari masing-masing gampong.

Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setiap tahun menganggarkan dana untuk pembangunan Gapura di beberapa gampong dalam wilayah Kota Banda Aceh.

Masing-masing gampong dapat mengusulkan pembangunan gapura melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) gampong yang kemudian akan diteliti kelayakannya oleh tim teknis dari Bidang Penataan Bangunan dan Jasa Konstruksi Dinas PUPR demikian disampaikan oleh Bapak Muhammad Yasir, ST, MT selaku Kepala Bidang PBJK dinas PUPR Kota Banda Aceh.

Berikut beberapa gapura yang telah selesai dibangun pada tahun 2017 ini.

Gapura  Gp. Ateuk Deah Tanoh
Gapura Gp. Lampeuot
Gapura Gp. Lamteumen Timur
Gapura Gp. Pango Deah
Gapura Gp. Seutui