Tim TRC PUPR Lakukan Penanganan Genangan Air Di Sejumlah Titik Di Kota Banda Aceh

Banda Aceh – Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banda Aceh melakukan penanganan terhadap genangan air di sejumlah lokasi di wilayah Kota Banda Aceh, Jumat 9 Juli 2021.

Hujan deras yang melanda Kota Banda Aceh dan sekitarnya sejak Jumat (9/7/2021) dinihari menyebabkan terjadinya genangan air di beberapa titik di Kota Banda Aceh. Untuk itu sesuai arahan pimpinan , Tim TRC segera menuju ke beberapa titik lokasi genangan air tersebut untuk segera ditangani.

Tim TRC ini sendiri dibagi menjadi beberapa regu yang disebar ke beberapa lokasi untuk mempercepat proses penanganan genangan air tersebut.

Tim TRC untuk penanganan genangan air ini tersebar di beberapa lokasi seperti di Kawasan Jalan T Nyak Arief, Jalan P Nyak Makam, Jalan Sri Ratu Safiatuddin, Simpang Jambo Tape (Jalan T Hasan Dek), Simpang Surabaya (Fly Over), Jalan Hasan Saleh, Jalan Abu Lam U, dan Pasar Almahirah.

Genangan air yang terjadi sebagian besar dikarenakan tersumbatnya lubang-lubang saluran sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar dan menyebabkan genangan. Selain itu sampah-sampah yang menumpuk di dalam saluran juga menyebabkan saluran menjadi tersumbat.

Oleh karena itu, Tim TRC melakukan pembersihan pada lubang-lubang air yang tersumbat dan membersihkan sampah yang menumpuk di dalam saluran sehingga air dapat mengalir dengan lancar kembali.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banda Aceh, Jalaluddin, ST, MT juga turut turun ke lokasi untuk memantau tim TRC dalam proses penganganan genangan air serta memantau debit air sungai dan juga kesiapan rumah-rumah pompa di Kota Banda Aceh yang berada di bawah pengelolaan Dinas PUPR.

Disamping itu, Kadis PUPR juga menginstruksikan kepada seluruh petugas rumah pompa untuk dapat stand by dan bersiaga di lokasi masing-masing sembari terus memantau perkembangan debit air pada kolam rumah pompa tersebut.