Komisi V DPR RI Mendorong Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur di Provinsi Aceh

Aceh – Komisi V DPR RI dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi V Nurhayati, mengadakan Kunjungan kerja (Kunker) dalam rangka reses masa sidang I Tahun 2019-2020 ke Provinsi Aceh pada 18 – 19 Desember. Rombongan tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda dan kemudian dilanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Pidie, Bireuen dan Aceh Utara.

Pada kesempatan tersebut rombongan kunker meninjau pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Sigli – Banda Aceh (Sibanceh) yang menghubungkan Kota Sigli dan Banda Aceh. Pembangunan Jalan Tol Sibanceh terdiri dari 6 seksi dengan panjang 74 Km, yaitu seksi Indrapuri – Blang Bintang (13 km), Blang Bintang – Kutobaro (8 km), Kutobaro – Simpang Baitussalam (5 km), Padang Tiji – Seulimeum (26 km), Seulimeum – Jantho (6 km), dan Jantho – Indrapuri (16 km).

Dengan dibangunnya jalan tol tersebut diharapkan dapat memotong perjalanan dari Kota Sigli ke Banda Aceh yang semula 150 menit menjadi hanya 50 menit. Pembangunan Jalan Tol ini diteken pada 20 Juli 2018 dan dilaksanakan oleh PT Hutama Karya (Persero).

“Komisi V akan mendukung penuh pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Sibanceh, karena akan mendorong kegiatan ekonomi masyarakat dengan percepatan jarak tempuh” jelas Nurhayati saat peninjauan di Gerbang Tol (GT) Indrapuri (18/12).

Kunker Reses Komisi V DPR RI dilanjutkan dengan peninjauan lokasi abrasi pantai sebagai bentuk penyerapan aspirasi masyarakat, tepatnya Pantai Jeumpa di Kabupaten Bireun. Dalam kesempatan ini Komisi V yang didampingi Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air (BPSDA) Fauzi Idris, meninjau rencana lokasi pembangunan pengaman pantai.

Komisi V menyampaikan apresiasinya terhadap upaya Kementerian PUPR dan akan mendorong terkait program pembangunan pengaman pantai ini, “Komisi V akan mendorong segala bentuk upaya, baik dari Pemda, Pemprov maupun secara politik”, tambah Nurhayati.

Fauzi Idris mengatakan bahwa Kementerian PUPR akan melakukan kolaborasi dengan Pemda/Pemprov setempat, selain itu juga akan memastikan sejauh mana Detail Engineering Design (DED) dan program yg berjalan.

Dalam kunker tersebut turut hadir Kepala BWS Sumatera I Banda Aceh Djaya Sukarno, Kepala BPPW Aceh Mohd. Yoza Habibie, Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Evaluasi Direktorat Rumah Khusus Suko Wiyono, Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Lilik Lastantyo Adiarso serta Kepala Seksi Perencanaan dan Pemantauan BPJN I Banda Aceh Ahmad Faizal, beserta jajarannya.

Sumber –> pu.go.id