Waskita Akan Bangun Hotel di Banda Aceh

BANDA ACEH – PT Waskita Karya, Badan Usaha Milik Negera (BUMN) di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun hotel bintang tiga di Banda Aceh. Rencananya hotel yang akan dibangun di Jalan Teuku Cik Kuta Karang, Kuta Alam, itu memiliki kamar 125 buah.

Saat ini pihak Waskita sedang mengurus inin mendirikan bangunan (IMB) hotel ke Pemerintah Kota Banda Aceh. Hal itu dibenarkan Kadis PUPR Kota Banda Aceh, Jalaluddin, kepada Serambi, Minggu (13/10). “Perwakilan PT Waskita Karya pada minggu lalu sudah mengekspos  rencanya pembangunan hotel kepada Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman,” jelasnya.

Dalam ekspos tersebut diketahui bahwa hotel bintang tiga itu dibangun enam lantai dengan berbagai fasilitas, termasuk kolam renang. “Hotel itu dibangun di atas lahan seluas 5.798 meter persegi,” jelas Jalaluddin.

Pada ekspos tersebut, tambah Kadis PUPR Kota, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman minta diperlihatkan gambar detailnya dan harus memiliki basement sebagai lokasi parkir kendaraan. Saran itu disampaikan agar tidak ada kendaaan tamu hotel yang parkir di pinggiran jalan umum.

“Sebelum hotel selesai dibangun, Waskita harus mengubah lebih dulu desain rencana bangunannya dengan menambah lapangan parkir bawah tanah (basement), baru IMB-nya kami berikan,” pinta Aminullah.

Jalaluddin menambahkan, saran Wali Kota tersebut direspon positif oleh pihak Waskita Karya.

Mereka akan kembali bertemu Wali Kota setelah melakukan perbaikan gambar bangunan hotelnya.  Selain Waskita Karya, katanya, ada beberapa investor lain juga berencana membangun hotel di Kota Banda Aceh. Salah satunya adalah pihak manajemen Kyriad Hotel yang juga akan membangun hotel kelas menengah ke bawah di lokasi depan Kantor PWI Aceh, Kuta Alam.

“Lahannya yang akan digunakan juga terbatas. Kami juga menyarankan mereka menyediakan lahan parkir yang cukup untuk tamu,” ujarnya sambil menambahkan bahwa semakin banyak kamar yang dibangun, maka lahan parkir  yang disediakan juga harus luas.

Sumber –> serambinews.com